04 Januari, 2009

Tulisan di www.andriewongso.com

Jumat, 28-November-2008; 08:40:05 WIB

Landasan Beraktifitas

Oleh : Eka Budhi Sulistyo
Selama 24 jam keseharian kita ... tujuh hari seminggunya ... 30,5 hari sebulannya ... 12 bulan selama setahunnya ... dan dalam seluruh detik hikmah kehidupan ini ... kita selaku melaksanakan aktifitas. Pelaksanaan aktifitas yang kita laksanakan tentunya akan melahirkan banyak hal yang mendasarinya. Kadang kita terjebak pada aktifitas yang menurut kita sangat tidak mengenakkan atau mungkin kita berada pada satu momentum aktifitas yang mengasyikkan sehingga kita sangat menikmatinya.
Moral. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (Nurudin, 2001) moral berarti ajaran baik-buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya; akhlak, budi pekerti, susila. Sedangkan bermoral adalah mempunyai pertimbangan baik buruk, berakhlak baik. Artinya moral yang harus menjadi alas an dasar kita untuk melaksanakan setiap aktifitas. Demi keluarga (orang tua, istri, anak dan keluarga besar), kebahagiaan diri dan orang yang kita cintai, kemajuan perusahaan, kesejahteraan lingkungan rumah serta demi hal-hal yang akan membawa seuatu menjadi lebih baik adalah landasan moral beraktifitas yang paling tepat. Selanjutnya akan timbul tuntukan etika sebagai pengiring konsekuensi moral dalam beraktifitas.
Menurut Ahmad Amin, "etika adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan arti baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia, menyatakan tujuan yang harus dicapai oleh manusia dalam perbuatan mereka, dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat oleh manusia". Dengan demikian, etika akan memberikan semacam batasan maupun standard yang akan mengatur pergaulan manusia didalam kelompok sosialnya. Bila aktifitas kita lakukan dengan landasan moral yang baik dan penuh etika, maka suasana bisnis akan sangat terasa menyenangkan, tidak ada korupsi, main kayu, sikut sana sikut sini dan perilaku yang merugikan orang lain.
Kerja Keras. Tiada aktifitas yang berhasil dilaksanakan tanpa kerja keras. Kerja keras artinya kita melakukan aktifitas dengan sepenuh hati, tidak setengah setengah, gembira, berfikiran positif dan tidak selalu berfikiran bahwa "sepintar saya, tidak akan lebih pintar dari kita semua" sebuah kerjasama yang mengiringi kerja keras. Aura yang ditimbulkan atas kerja keras yang positif akan melahirkan hasil yang akan mendekati idealnya sebuah aktifitas.
Jujur. Jujur pada diri, keluarga, orang-orang yang kita cintai, negara dan bangsa adalah salah satu faktor dalam diri yang mutlak kita miliki. Jujur artinya sebuah keyakinan bahwa aktifitas yang kita laksanakan tergantung pada kesungguhan kita dalam melakukan aktifitas tanpa harus diawasi, diperhatikan, dipelototi atau mengharapkan teguran bahkan pujian dalam beraktifitas.
Bertanggungjawab. Setiap aktifitas akan melelui sebuah pola yang bernama proses. Dalam proses pelaksanaan aktifitas, terdapat tahapan-tahapan aktifitas yang dilalui sampai mencapai hasil akhir berupa tujuan aktifitas. Landasan moral, kerjakeras yang kita lakukan dan kejujuran yang membungkus aktifitas harus dapat dipertanggungjawabkan. Kita harus siap memberi argumentasi, dasar pemikiran, tahapan proses yang perlu dikuasai dan siap menerima konsekuensi baik atau buruk atas aktifitas yang kita laksanakan.Keempat landasan diatas yang melandasi aktifitas kita akan memberi hasil terbaik dan menjadikan aktifitas yang kita laksanakan membuahkan kegembiraan, kenyamanan, kebahagiaan, kegunaan yang besar untuk diri sendiri dan orang lain serta mempengaruhi aura diri kita untuk terus melakukan sesuatu yang mebih baik dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
keberadaan saya didunia ... bagi saya adalah keberkahan yang sangat besar .. anugerah tiada tara .. dunia peternakan menjadi salah satu tempat terindah yang saat ini saya selami ... sedikit yang saya dapat berikan saat ini ... sedikit yang dapat saya abdikan saat ini ...

COWMANIA

COWMANIA