13 April, 2009

Experimental Farm

PROFESIONALITAS FARM FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN




Long Weekend kemarin (tanggal 11 dan 12 April 2009) kemarin saya mengunjungi Experimental Farm Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, tempat saya dulu menimba ilmu praktis dan ilmu komersial (karena sempat mengawali pemeliharaan ayam broiler disana dan mengecap kenikmatan nilai penjualan hasil panenannya). Suasana Ex-Farm sudah jauh lebih ramai dari masa saya dulu. Aneka ternak dipelihara di Ex-Farm, mulai dari Sapi Perah, Sapi Potong, Domba, Kambing, Ayam Broiler dan Itik. Saya juga sempat melakukan konfirmasi kepada seorang dosen, ternyata memang ada perubahan kondisi Ex-Farm dan nilai pengelolaan yang sudah lebih baik … alhamdulillah.
Model pengelolaan yang dilaksanakan di Ex-Farm .. menyala lampu dikepala saya untuk menuliskan sebuah ungkapan perasaan saat berada di Ex-Farm … bagaimanapun juga tempat ini telah membuat saya menjadi seperti yang ada saat ini.







Profesionalitas
Ex-Farm adalah lokasi mahasiswa Fakultas Peternakan menimba ilmu praktis yang merupakan aplikasi ilmu teori yang mereka terima … alangkah luar biasanya andaikan mereka dikondisikan dengan sebuah pola penanganan farm yang professional. Penanganan yang professional akan membuat mereka terbiasa untuk melakukan aktifitas yang baik dan ideal selama berada di farm. Saya melihat mahasiswa ada di farm dengan pakaian bebas, entah mereka sudah berganti pakaian atau belum, entah mereka sudah suci hama atau belum … yang jelas, pakaian mereka harusnya adalah pakaian lapangan. Ingat kasus AI berawal dari ketidakdisiplinan.
Sebagian lahan rumput dijadikan sebagai taman mininya rumput hijauan pakan ternak sehingga mahasiswa yang belajar agrostologi dapat mengetahui secara detail .. mana itu Alfalfa, Brachiaria decumbens, Stylo Grass, Signal Grass dan jenis” hijauan pakan ternak lainnya.
Setidaknya harus ada seorang manajer di Ex-Farm yang membawahi aktifitas opersional disana … melakukan perawatan aktifa dan menjadi Public Relation bagi tamu yang hadir disana.







Pemasaran
Produk dunia peternakan utamanya adalah Daging – Telur – Susu. Produk ikutannya adalah hasil olahan daging, telur dan susu – kompos – sarana rekreasi – pelatihan. Saya kebetulan datang saat akhir pekan dan mampir sebentar ke GOR Satria. Masya Allah … manusia menyemut disana, persis seperti Parkir Timur Senanyan – Jakarta atau GOR Manahan di Solo. Pikiran diotak saya membisikkan, “pasar potensial thu, kalau mereka dapat digiring ke Ex-Farm”. Mereka dapat berbelanja air susu segar, yoghurt, caramel, permen susu, kerupuk susu, tahu susu, susu UHT, daging segar dan sehat, telur, kompos atau dapat dibangun kafe untuk pengunjung yang ingin rehat sejenak diEx-Farm sambil bersantai bersama keluarga. Bukan tidak mungkin Ex-Farm menjadi rujukan bagi tingkat pendidikan kanak” atau dasar untuk mengenalkan diri pada dunia peternakan. Pelajar sekolah menengah juga dapat berekreasi dan tertarik untuk melanjutkan pendidikan di dunia peternakan. Maket Ex-Farm tentunya akan mempermudah pengenalan farm. Saya juga bertemu dengan salah seorang dosen yang ikut mengelola farm. Ternyata beliaupun sangat prihatin dan memiliki keinginan kuat untuk menjadikan Ex-Farm menjadi lebih baik. Ditengah harga susu yang sangat murah, Ex-Farm mampu menjual air susu matang tanpa rasa Rp. 5.000/liter. “Dijual Rp. 6.000/liter saja bisa laku koq”, lanjut rekan dosen muda itu.







Penataan
Kandang haruskan kotor dan jorok? … tentu saja tidak. Justru kandang harus bersih, sehat dan indah. Slogan DISIPLIN – TERTIB – BERSIH yang ada di Ex-Farm adalah sebuah bentuk peninggalan masa lampau yang dipasang sebatas ‘nguri-uri” pendahulu, eman banget. Kaos operator tergantung disetiap sudut kandang, brooder yang telah digunakan saat pemeliharaan awal ternak dibiarkan berserakan dipinggir kandang, peralatan kandang yang tidak terpakai bergeletakan, lokasi depan fermentasi jerami semrawut, rumput diberikan tanpa dichopper sehingga berserakan dilantai kandang sapi, kandang domba yang kumuh, penanganan limbah kotoran ternak dan buangan biogas yang berceceran kemana-mana serta lokasi Ex-Farm yang dibiarkan seperti kebon/lebuh/alas … sangat disayangkan. Andaikan ada sentuhan kedisiplinan – ketertiban – kebersihan di Ex-Farm .. alangkah indahnya … taman kecil di beberapa sudut Ex-Farm akan mencerminkan sebuah kenyamanan hidup yang luar biasa. Mahasiswa yang terkondisi dengan lingkungan yang bersih, saat mereka lulus dan melanjutkan kiprah didunia peternakan akan menularkan ‘virus’ kebersihan pada lingkungannya. Ada lagi yang dapat ditawarkan oleh Ex-Farm … INSPIRASI







Laboratorium yang ada di Fakultas Peternakan Unsoed adalah gudang ilmu yang dapat berpartisipasi aktif di Ex-Farm …. Luar biasa bila hal ini dapat diwujudkan .. kebanggan yang membuncah beriringan dengan senyum dan kebesaran hati







Harapan – mimpi – keinginan yang besar akan menjadi kenyataan yang besar karena dilakukan dengan kebesaran jiwa – hati – tindakan (ekabees)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

belajar banyak

Mengenai Saya

Foto saya
keberadaan saya didunia ... bagi saya adalah keberkahan yang sangat besar .. anugerah tiada tara .. dunia peternakan menjadi salah satu tempat terindah yang saat ini saya selami ... sedikit yang saya dapat berikan saat ini ... sedikit yang dapat saya abdikan saat ini ...

COWMANIA

COWMANIA