17 Agustus, 2010

17 Agustus

17 Agustus
selalu menjadi hari keramat bangsa ini
selalu menjadi hari upacara bangsa ini
slalu menjadi hari karnaval bangsa ini
selalu menjadi hari penuh sukacita bagi lomba anak-anak, remaja sampai orang tua
selalu menjadi hari libur nasional

65 tahun
adalah jumlah tahun yang mengidentifikasikan bagaimana negara ini
adalah angka yang terus bertambah
adalah nilai kedewasaan bangsa ini
adalah nilai yang luar biasa

sesaat aku tertegun setelah menyelesaikan tirakat tengah malam ini
kumelayang pada masa dimana Rengas Dengklok menjadi lokasi bergejolak, penuh pertimbangan, penuh interupsi dan penuh lalulalang pemikiran-pemikiran tentang bangsa
seorang Soekarno yang terintimidasi oleh pemuda, didampingi Bung Hatta yang menyabarkan
seorang Fatmawati menjahit perca dua warna
kebulatan tekat yang terjadi dini hari itu, membawa sebuah gurat sejarah bangsa ini

saat ini
hampir kebanyakan anak bangsa lupa betapa masa penjajahan lebih dari 350 tahun penuh pertumpahan darah dan air mata
hampir lupa membangun, kita terlalu sibuk mencari jati diri, katanya
jati diri macam apa yang dicari???
sementara pembangunan berketimpangan
sementara rapor korupsi kita memberi gelar mentereng sebagai negara dengan kasus korupsi terbanyak
hutang negara ini ribuan triliun
pemerataan pembangunan masih pincang
karena setiap tahun ruas jalan yang sama selalu diperbaiki
kemacetan ibukota, membuat banyak pemikiran sempit terjadi, pindahkan ibukota negara !!
sementara kasus gelandangan dan pengemis masih menjadi tren; cafe dan resto bermunculan dimana" dan semua orang tiada yang tidak makan, terkadang makanan cenderung dihambur-hamburkan, tidak habis
dunia pertanian hanya slogan agrarisnya
sektor peternakan hanya berisi daging yang naik turun tak tentu
perikanan hanya saling tangkap di perairan
sementara tataniaga selalu menjadi pilihan terburuk untuk diperbaiki
negeri yang katanya sudah menjadi "Negara Para Bedebah"


ku memandang merah putih
menyelip dalam dada, betapa semakin rentanya Indonesia
menggugah jiwa, harus kubangun Indonesia
aku masih bisa !!!

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
keberadaan saya didunia ... bagi saya adalah keberkahan yang sangat besar .. anugerah tiada tara .. dunia peternakan menjadi salah satu tempat terindah yang saat ini saya selami ... sedikit yang saya dapat berikan saat ini ... sedikit yang dapat saya abdikan saat ini ...

COWMANIA

COWMANIA